Detail Cantuman Kembali
YULIANA - Personal Name

PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG RUN DAN SHUTTLE RUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA FUTSAL PADA MAHASISWI PENDIDIKAN OLAHRAGA UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA

YULIANA, 2015. Pengaruh Latihan Zig-zag run dan Shuttle run Terhadap kemampuan Menggiring Bola Futsal Pada Mahasiswi Pendidikan Olahraga Universitas Mulawarman Samarinda Tahun 2012/2013. Dibimbing Bapak Drs. La Djangka, M.Pd Sebagai Dosen Pembimbing I dan dibimbing Bapak M. Ramli Buhari, S.Pd., M.Pd Sebagai Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Latihan Zig-zag run dan Shuttle run Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Futsal Pada Mahasiswi Pendidikan Olahraga Universitas Mulawarman Samarinda. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian eksperimen dengan teknik uji Deskriptif, Kolmogorov smirnov, Homogenitas, Paired t-tes dan Independent t-tes.
Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswi pendidikan olahraga Universitas Mulawarman Samarinda Tahun 2012 dan 2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik sensus sehingga terbagi ke dalam 2 kelompok yaitu Kelompok A dengan perlakuan Latihan Zig-zag run sebanyak 10 Orang sampel dan Kelompok B dengan perlakuan Latihan Shuttle run sebanyak 10 orang sampel sehingga jumlah keseluruhan sampel penelitian ini adalah berjumlah 20 Orang Mahasiswi Pendidikan Olahraga Universitas Mulawarman Samarinda tahun 2012 dan 2013.
Berdasarkan Analisis Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Latihan Zig-zag run dan Shuttle run Terhadap kemampuan Menggiring Bola Futsal pada Mahasiswi Pendidikan Olahraga Universitas Mulawarman Samarinda Tahnun 2012 dan 2013 Dengan diperoleh nilai t hitung = 8,325 ≥ t tabel = 2,262 dan nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh = 0,000 ≤ α = 0,05.
Kelompok Latihan Shuttle run Memberikan Pengaruh Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Futsal Pada Mahasiswi Pendidikan Olahraga Universitas Mulawarman Samarinda Tahun 2012 dan 2013 dengan diperoleh nilai t hitung = 6, 929 ≥ t tabel = 2,262 dan nilai Probabilitas signifikansi yang diperoleh = 0,000 ≤ α = 0,05.
Tidak Ada perbedaan pengaruh kelompok latihan Zig-zag run dan kelompok Latihan Shuttle run Terhadap kemampuan Menggiring Bola Futsal Pada Mahasiswi Pendidikan Olahraga UNiversitas Mulawarman Samarinda Tahun 2012 dan 2013 dengan diperoleh nilai t hitung = -0,855 ≤ t tabel = 2,101 dan nilai Probabilitas signifikansi yang diperoleh = 0,404 ≥ α = 0,05. Di samping itu nilai rata-rata tes akhir kelompok Zig-zag run dan kelompok Shuttle run tidak berbeda secara nyata yaitu -1,39600 (19,5120 – 20,9080).
Kesimpulannya adalah kelompok Latihan Zig-zag run lebih baik dibandingkan dengan kelompok Latuhan Shuttle run.

Kata kunci : Futsal, Kemampuan Menggiring Bola Futsal, Kelompok Latihan Zig-zag run, kelompok Latihan Shuttle run.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG RUN DAN SHUTTLE RUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA FUTSAL PADA MAHASISWI PENDIDIKAN OLAHRAGA UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA
Pengarang YULIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua