PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING KIMIA MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) CHAMILO
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E- learning Chamilo yang valid, efektif dan praktis. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan Brog and Gall. Sampel penelitian ini adalah 23 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Long Iram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi, angket respon siswa, serta soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persentase. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan validitas media memperoleh persentase 82 % dari validator media, 92 % dari vaidator materi, dan 86,2 % dari praktisi pembelajaran dengan kategori valid. Efektifitas media diukur dari hasil belajar siswa (Pre Test dan Post Test) berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai N-gain skala kecil 0,73 dan N-gain skala besar 0,71, sehingga media yang digunakan pada kategori sangat efektif. Kepraktisan diukur melalui angket repon siswa dengan persentase 88,75% skala kecil dan 86,17 % skala besar dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan validitas, efektifitas, dan kepraktisan media pembelajaran E-learning chamilo yang dibuat maka produk tersebut dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada pokok bahasan koloid.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING KIMIA MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) CHAMILO |
---|---|
Pengarang | MOH IMAM ROSYIDI - Personal Name |
No. Panggil | TESIS MOH P 2021 |
Subyek | E-learning, Learning Management System Chamilo , Koloid |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY