Detail Cantuman Kembali
ASMA AL HUSNA - Personal Name

EFEKTIVITAS PENAMBAHAN ASTAXANTHIN PADA PAKAN TERHADAP KUALITAS WARNA, PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN KOI (Cyprinus carpio)

ASMA AL HUSNA, 2022. Penambahan Astaxanthin pada Pakan Terhadap Kualitas Warna, Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Koi (Cyprinus carpio) (Dibimbing oleh Isriansyah dan Andi Nikhlani).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan warna, variasi warna, pertumbuhan, kelangsungan hidup dan menentukan dosis optimal penambahan astaxanthin pada pakan terhadap kualitas warna, pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan koi (C. carpio). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dan tiga ulangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengaplikasikan astaxanthin pada pakan buatan dengan dosis berbeda yaitu 0%, 0,1%, 0,3%, dan 0,5% per berat pakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan astaxanthin pada pakan buatan berpengaruh nyata terhadap kualitas warna (P0,05). Perubahan tingkat (level) warna, perubahan dimensi warna merah dan perubahan kecerahan warna L*a*b* tertinggi terdapat pada penambahan astaxanthin sebanyak 0,5% per berat pakan, sedangkan variasi warna rata-rata yang dominan muncul dengan penambahan astaxanthin yaitu warna oranye hitam. Hasil analisis pertumbuhan dan kelangsungan hidup tidak berbeda nyata. Namun, pertumbuhan rata-rata panjang total dan pertumbuhan berat mutlak tertinggi ikan koi dicapai dengan menambahkan 0,1% astaxanthin dalam pakan buatan, dan laju pertumbuhan spesifik tertinggi terdapat pada penambahan astaxanthin 0,5%. Sedangkan kelangsungan hidup tertinggi terdapat pada penambahan astaxanthin 0,5% dengan tingkat kelangsungan hidup sebesar 100%.

Kata Kunci : Ikan Koi, Astaxanthin, Warna, Warna, Kelangsungan Hidup

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS PENAMBAHAN ASTAXANTHIN PADA PAKAN TERHADAP KUALITAS WARNA, PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN KOI (Cyprinus carpio)
Pengarang ASMA AL HUSNA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ASM e 2022
Subyek Astaxanthin
Ikan Koi,
Warna,
, Kelangsungan Hidup
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan AKUAKULTUR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua