Detail Cantuman Kembali
DIYAH MUMPUNI SUCIPTO - Personal Name

Pemanfaatan Model Discovery Learning Menggunakan Google Classroom Pada Pembelajaran PPKn Di SMP IT Cordova Samarinda

Diyah Mumpuni Sucipto, 2022 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Pemanfaatan Model Discovery Learning Menggunakan Google Classroom Pada Pembelajaran PPKn di SMP IT Cordova Samarinda.”Dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Wingkolatin, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Endang Herliah, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Model Discovery Learning Menggunakan Google Classroom Pada Pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini untuk mengetahui Pemanfaatan model Discovery Learning menggunakan Google Classroom pada pembelajaran PPKn, kendala yang dihadapi Guru dalam pemanfaatan model Discovery Learning menggunakan Google Classroom pada pembelajaran PPKn dan Upaya yang dilakukan oleh guru dalam pemanfaatan model Discovery Learning menggunakan Google Classroom pada pembelajaran PPKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan model tersebut membantu untuk membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran daring, sehingga peserta didik mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru selama peserta didik melakukan pembelajaran daring. Lalu kendala yang didapatkan adalah berdasarkan hasil wawancara yang didapat maka kesimpulan kekurangan dari model discovery learning yaitu menyita banyak waktu karena mengubah cara belajar yang biasa digunakan, namun kekurangan tersebut dapat diminimalisir dengan merencanakan kegiatan pembelajaran secara terstruktur, memfasilitasi siswa dalam kegiatan penemuan, serta mengonstruksi pengetahuan awal siswa agar pembelajaran dapat berjalan optimal. Dan upaya yang dilakukan adalah upaya yang sudah baik dengan adanya arahan dan pelatihan serta menyediakan fasilitas penunjang untuk pelaksanaan pembelajaran secara daring.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemanfaatan Model Discovery Learning Menggunakan Google Classroom Pada Pembelajaran PPKn Di SMP IT Cordova Samarinda
Pengarang DIYAH MUMPUNI SUCIPTO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIY p 2022
Subyek Pemanfaatan, Discovery Learning,
Google Classroom, Pembelajaran PPKn
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua