Detail Cantuman Kembali
WIDIYA MAULIDA - Personal Name

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI KECAMATAN LOA JANAN ULU KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA

Widiya Maulida, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda “Kualitas Pelayanan Administrasi dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Kecamatan Loa Janan Ulu Kabupaten Kutai Kartanegara”.dibawah bimbingan Bapak Prof Dr. H. Adam Idris, M,Si. dan Ibu Rita Kalalinggi, M.Si. Ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsi pelayanan administrasi dalam penyelenggaran pelayanan di kecamatan serta mengetahui dan mendeskripsikan kualitas administrasi dalam pembuatan e-KTP di kecamatan. penelitian ini dilaksanakan di kantor Kecamatan Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kualitas pelayanan administrasi di kantor Kecamatan telah melaksanakan kewajiban dengan baik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Kantor Kecamatan Loa Janan Ulu. Kualitas pelayanan sangat tergantung dari persepsi masyarakat sebagai penguna jasa, karena merekalah yang menikmati layanan, sehingga secara otomatis dapat mengukur kualitas pelayanan berdasarkan harapan-harapan mereka dalam memenuhi keinginannya. Pelayanan dalam pembuatan e-KTP sudah berjalan dengan baik serta menunjukan hasil yang positif. Dapat disimpulkan bawah faktor penghambat dalam pelayanan administrasi yaitu fasilitas khususnya alat rekam data e-KTP yang tidak sebanding dengan jumlah warga pembuat e-KTP. Alat perekaman pembuatan e-KTP dikecamatan 10 tahun belum ada pergantian dan sudah tidak layak di gunakan karena alat tersebut sudah sangat tidak bisa digunakan dengan baik dan perlu adanya pergantian alat untuk bisa melakukan pelayanan pembuatan e-KTP tersebut. Diketahui dari tindakan yang dilakukan kecamatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan indikator prosedur pelayanan yakni dalam pelayanan, Prosedur Pelayanan secara umum berjalan dengan baik bentuk prosedur pelayanan yang sudah sesuai dengan SOP yang ada memudahkan masyarakat, Waktu pelayanan secara umum belum berjalan dengan baik, waktu pelayanan yang diberikan kecamatan belum sesuai dengan yang telah di tentukan. Biaya Pelayanan secara umum kecamatan tidak memunggut biaya kepada masyarakat yang hendak melakukan pelayanan. Sarana dan Prasarana di pembuatan e-KTP alat yang digunakan sudah sangat tua dan tidak layak digunakan, serta Kompetensi petugas pelayanan kompetensi aparatur yang dilakukan kecamatan sudah cukup baik sesuai dengan yang diinginkan masyarakat.
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Administrasi,e-KTP.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI KECAMATAN LOA JANAN ULU KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA
Pengarang WIDIYA MAULIDA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WID k 2022
Subyek Kualitas, Pelayanan, Administrasi,e-KTP.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ILMU PEMERINTAHAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua