Detail Cantuman Kembali
NUR FATIKA - Personal Name

Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Masa Pandemi pada Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021

Strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar masa Pandemi pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Zaenab Hanim HAM, M.Pd. Selaku pembimbing I dan Dwi Sona, S.Pd., M.Si. Selaku pembimbing II.

Kejenuhan belajar merupakan kondisi emosional saat seseorang merasa lelah dan jenuh secara mental ataupun fisik sebagai akibat tuntutan belajar yang meningkat. Kejenuhan belajar menjadi salah satu masalah yang dialami oleh siswa terutama pada saat pandemi Covid- 19. Strategi guru BK merupakan keputusan/tindakan guru BK untuk membantu mengatasi permasalahan yang dialami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar di masa pandemi, menguraikan strategi guru bk dalam mengatasi kejenuhan belajar di masa pandemi dan menguraikan kendala guru BK dalam mengatasi kejenuhan belajar di masa pandemi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi kepada 4 informan dengan menggunakan Triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab kejenuhan belajar (1) metode belajar yang tidak menarik dan tidak bervariasi, (2) mata pelajaran yang tidak disukai, (3) kesulitan memahami materi pelajaran, (4) tidak ada teman belajar, (5) banyaknya tugas yang diberikan oleh guru. Strategi guru BK yang digunakan untuk mengatasi kejenuhan belajar pada masa pandemi yaitu berdasarkan 3 tahapan, a). guru BK mengumpulkan data siswa melalui guru Bidang Studi dan menyebarkan angket melalui google form. b) guru bimbingan dan konseling melakukan layanan klasikal dan layanan konseling individu secara online. c) guru BK menggunakan evaluasi hasil dan evaluasi proses. Sedangkan kendala yang dihadapi guru BK, (1) kesulitan dalam pelaksanaan layanan konseling (2) kendala kuota/jaringan saat konseling dan (3) waktu belajar yang lebih singkat. Saran terhadap masalah ini ialah guru bimbingan dan konseling dapat menetapkan strategi yang sesuai dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di masa pandemi salah satunya melakukan kunjungan rumah dengan tahapan yang telah ditentukan serta guru BK dapat lebih memperhatikan keadaan siswa dimasa pandemi ini.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Masa Pandemi pada Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021
Pengarang NUR FATIKA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR s 2021
Subyek Bimbingan dan Konseling,
Kejenuhan belajar, Pandemi, Strategi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan BIMBINGAN DAN KONSELING
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua