Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengantisipasi Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1 Biduk-biduk Kabupaten Berau
Akmil Ansari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman dengan judul skripsi '' Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengantisipasi Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1 Biduk-biduk Kabupaten Berau " dibawah bimbingan Bapak Dr. Warman, M.Si dan Ibu Dra. Hj. Marwiah Johansyah, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter serta pemahaman siswa SMP Negeri 1 Biduk-biduk Kabupaten Berau
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Nilai-nilai pendidikan karakter bagi siswa sekolah menengah pertama yaitu: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, Mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan dan peduli sosial. (2) Pendidikan karakter adalah pendidikan yang terencana dan sistematis untuk mengembangkan karakter peserta didik secara pribadi. Sehingga dapat tumbuh menjadi individu yang berbudi luhur dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang sekitar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengantisipasi Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1 Biduk-biduk Kabupaten Berau |
---|---|
Pengarang | AKMIL ANSARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AKM p 2020 |
Subyek | proses pendidikan karakter, bentuk pendidikan kara penerapan sekolah tentang pendidikan karakter Pemahaman siswa terhadap pendidikan karakter |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY