Detail Cantuman Kembali
muhammad rean wahyudi - Personal Name

Peran Dinas Kesejahteraan Sosial Dalam Menangani Kenakalan Remaja di Kota Samarinda

Muhammad Rean Wahyudi 2021, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Peran Dinas Kesejahteraan Sosial Dalam Menangani Kenakalan Remaja Di Kota Samarinda. Di bawah Bimbingan Drs. Hj. Marwiah J, M.Pd sebagai pembimbing pertama dan Dr.Hj.Suryaningsi, M.H sebagai pembimbing kedua.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dinas kesejahteraan sosial dalam menangani kenakalan remaja di kota samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Fokus Penelitian ini adalah : 1. Pembinaan Bimbingan Sosial, 2. Pembinaan Mental Sosial, 3. Pemberdayaan dan Hambatan yang dihadapi oleh Dinas Kesejahteraan Sosial adalah : 1. Keuangan, Sumber Daya Manusia, Tempat Penampungan, Peran Orang tua , dan Kesadaran Masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober hingga januari 2022. Subjek penelitian ini adalah kepala dinas, kepala seksi rehabilitasi anak dan lanjut usia, pekerja sosial dan bidang penyuluhan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan Triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dalam menerapkan peran yang dilakukan Dinas Kesejahteraan Sosial Dalam menangani kenakalan Remaja Dikota Samarinda dalam menangani Kenakalan remaja dikota samarinda sudah berjalan sangat baik dan sesuai dengan Peraturan daerah yang dibuat.pembinaan bimbingan sosial dan pembinaan mental sosial yang dilakukan untuk menumbuhkembangkan Pribadi yang lebih baik agar bisa hidup seperti biasa di lingkungan masyarakat sedangkan pemberdayaan dilakukan guna untuk menumbuhkembangkan pola pikir kemandirian anak untuk bisa bekerja dan memberikan pengalaman agar bisa hidup yang layak. Adapun hambatan yang dihadapi dinas kesejahteraan sosial seperti Keuangan terhambat, sumber daya manusia yang kurang, tempat penampungan yang ada memiliki kapasitas yang kurang, peran orang tua yang sangat di butuhkan untuk keberhasilan dalam menangani kenakalan remaja, dan kesadaran masyarakat yang dizaman sekarang sudah acuh tak acuh.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Dinas Kesejahteraan Sosial Dalam Menangani Kenakalan Remaja di Kota Samarinda
Pengarang muhammad rean wahyudi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2022
Subyek penanggulangan kenakalan remaja
penanggulangan kenakalan remaja,
pemberdayaan, bimbingan sosial
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua