Detail Cantuman Kembali
HARTINAH - Personal Name

Sejarah Perkembangan Masjid Islamic Center Di Samarinda Tahun 2008-2018

Hartinah, 2021. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Sejarah Perkembangan Masjid Islamic Center Di Samarinda Tahun 2008-2018. Dibimbing oleh Dr. Jamil, S.Pd., M.AP. selaku pembimbing I dan Sainal A., M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan tentang Sejarah Perkembangan Masjid Islamic Di Samarinda. Selain itu dalam penelitian ini tidak hanya mencakup tentang sejarah perkembangan masjid saja tetapi perkembangan dari setiap tahunnya mulai dari awal pembangunan masjid butuh waktu serta persiapan yang matang dan dana yang cukup banyak untuk membangun masjid islamic center. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian sejarah. Adapun metode yang digunakan meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Fokus penelitian ini membahas tentang sejarah, dampak religi, sosial dan ekonomi, keberadaan Masjid Islamic Center terhadap kehidupan masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembangunan masjid ini perlu banyak persiapan terutama dana dan lahan yang cukup luas dan strategis, dibangunnya masjid ini karena banyaknya permintaan para umat islam, maka dibangunlah masjid islamic center sekarang yang berada di Jln Slamet Riyadi. Masjid islamic ini menjadi salah satu pusat peradaban islam di Kaltim yang terlihat megah dan terbesar se-Asia Tenggara. Lahan pembangunannya ini pun salah satu hibah dari pabrik kayu PT In Hutani kemudian adanya ide yang dicetuskan oleh Bapak H. Suwarna Abdul Fatah. Adapun dampak keberadaan masjid islamic center bagi kehidupan masyarakat di Samarinda terbagi menjadi tiga yaitu: a. Dampak religi sebagai salah satu tempat wisata religi sehingga banyak masyarakat samarinda maupun dari luar samarinda yang berkunjung kemasjid, b. Dampak sosial merupakan tempat untuk bermusyawarah bagi masyarakat sekitar yang berada dilingkungan masjid, c. Dampak ekonomi merupakan salah satu sumber pendapatan bagi para pedagang yang berjualan disekitar masjid sehingga memenuhi kebutuhan hidup mereka untuk sehari-hari.
Kata Kunci:

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Sejarah Perkembangan Masjid Islamic Center Di Samarinda Tahun 2008-2018
Pengarang HARTINAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAR s 2022
Subyek Sejarah Perkembangan,
Masjid Islamic Center Samarinda
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN SEJARAH
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua