Detail Cantuman Kembali
Nur Aisah - Personal Name

Analisis Pola Perilaku Konsumsi Pada Konsumen Muslim (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 FAkultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)

Penelitian ini dilakukan oleh Nur Aisah dengan judul “Analisis Pola Perilaku Konsumsi Pada Konsumen Muslim (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)” di bawah bimbinan bapak. Rais Abdullah, M.A., Ph. D. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumsi mahasiswa Ekonomi Syariah sebagai konsumen muslim. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi mahasiswa pada prinsip kemurahan hati, didominasi oleh mahasiswa yang mengalokasikan untuk sedekah, tetapi terdapat pula mahasiswa dengan alokasi untuk konsumsi dan tabungan. Prinsip kesederhanaan, mahasiswa membuat daftar belanja sebagai antisipasi perilaku boros, dan terdapat mahasiswa yang membuat daftar belanja tetapi masih membeli diluar daftar belanja yang bukan kebutuhannya. Prinsip kebersihan, mahasiswa selektif kepada semua yang dikonsumsi, selektif tidak hanya pada saat belanja langsung tetapi selektif juga ketika berbelanja secara tidak langsung, dan terdapat mahasiswa yang kurang selektif dalam memerhatikan kebersihan dan label halal. Perilaku konsumsi mahasiswa dipengaruhi oleh faktor seperti faktor personal yaitu keadaan ekonomi dan gaya hidup, faktor sosial yaitu keluarga dan teman, dan faktor psikologis yaitu motivasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pola Perilaku Konsumsi Pada Konsumen Muslim (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 FAkultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)
Pengarang Nur Aisah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR a 2022
Subyek Perilaku Konsumsi, Konsumen Muslim, Mahasiswa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan EKONOMI SYARIAH
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua