Detail Cantuman Kembali
DWI SETYOWATI - Personal Name

Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di SMA Se-Samarinda

Pandemi COVID-19 menyebabkan kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi komunikasi. Keadaan ini berdampak terhadap kualitas pembelajaran yang turut mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa berdasarkan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dalam pembelajaran fisika di SMA se-Samarinda secara keseluruhan maupun berdasarkan jenis kelamin. Jenis Penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri se-Samarinda. Banyaknya sampel ditentukan secara random sampling. Jumlah sampel sebanyak 216 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan wawancara. Pertanyaan pada angket merujuk pada model motivasi ARCS oleh Keller pada empat elemen yaitu Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar mayoritas siswa termasuk pada klasifikasi kategori tinggi dengan persentase sebesar 52% siswa dari 216 partisipan. Berdasarkan jenis kelamin, secara keseluruhan motivasi belajar siswa perempuan lebih tinggi. Perolehan persentase tiap aspek motivasi belajar adalah 67% pada aspek Attention; 64% pada aspek Relevance; 67% pada aspek Confidence dan 73% pada aspek satisfaction. Berdasarkan jenis kelamin, perolehan persentase ditiap aspek motivasi belajar siswa perempuan lebih tinggi. Upaya peningkatan motivasi dalam pembelajaran fisika perlu terus dilakukan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis E-Learning Di SMA Se-Samarinda
Pengarang DWI SETYOWATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DWI a 2022
Subyek Motivasi Belajar, Model ARCS, Pembelajaran Fisika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua