Detail Cantuman Kembali
YOGI FERDIYAN NOOR - Personal Name

SISTEM BAGI HASIL USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DI KELURAHAN BUKIT BIRU KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK


YOGI FERDIYAN NOOR. Sistem Bagi Hasil Usahatani Padi Sawah (Oryza sativa L.) Di Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022 (dibawah bimbingan Eko Harri Yulianto dan Rita Mariati).

Sistem bagi hasil adalah suatu bentuk kerja sama antara pemilik lahan atau modal dengan pekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem bagi hasil usahatani padi sawah (Oryza sativa L.) di Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2021 terhitung sejak pengumpulan data dan survey lapangan sampai penyusunan laporan akhir. Lokasi penelitian dilakukan di Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai kartanegara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah sistem bagi hasil usahatani padi sawah (Oryza sativa L.) di Kelurahan Bukit Biru. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 30. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem bagi hasil usahatani padi sawah di Kelurahan Bukit Biru hanya melakukan perjanjian secara lisan atau tidak tertulis. Faktor-faktor yang mempengaruhi tidak diterapkan nya UU Nomor 2 Tahun 1960 Tentang Perjanjian Bagi Hasil ini yaitu tidak adanya sosialisasi dari penyuluh maupun dari dinas terkait dan kurangnya wawasan dari masyarakat karena rendahnya tingkat pendidikan. Dalam pembagian hasil antara pemilik lahan dengan penggarap adalah 5:1 yaitu sistem pembagian hasil yang menentukan bahwa imbangan hasil antara penggarap dengan pemilik lahan adalah 5 bagian berbanding 1 bagian, 5 bagian ke petani penggarap dan 1 bagian ke pemilik lahan.

Kata Kunci : Sistem bagi hasil, petani penggarap, pemilik lahan, padi sawah

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM BAGI HASIL USAHATANI PADI SAWAH (Oryza sativa L.) DI KELURAHAN BUKIT BIRU KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang YOGI FERDIYAN NOOR - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YOG s 2022
Subyek Sistem bagi hasil, petani penggarap, pemilik lahan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan AGRIBISNIS
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua