Detail Cantuman Kembali
YUDI ARIANTO - Personal Name

Manajemen Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri Samarinda.

Yudi Arianto (1905148038). Manajemen Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri Samarinda. (Dosen Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Rahmat Soe’ed, MA dan Dosen Pembimbing 2 Dr. Hj. Nurlaili, MP)
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perencanaan kerjasama 2) mendeskripsikan pelaksanaan, 3) evaluasi pelaksanaan kerjasama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha/dunia industri untuk peningkatan mutu di SMK Negeri Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) pada perencanaan manajemen pelaksanaan kerjasama Sekolah dengan dunia usaha/dunia industri sudah berjalan dengan baik. Adapun kegiatannya meliputi: analisis, rencana program, anggaran pembiayaan, struktur organisasi, rencana pengembangan kerjasama sekolah. 2) pada pelaksanaannya meliputi kegiatan: koordinasi dengan dunia usaha dan industri, sinkronisasi kurikulum, nota kesepahaman, praktik kerja industri, uji kompetensi kejuruan, pemagangan/on the job training guru, program Bursa Kerja Khusus (BKK) dan program teaching factory. 3) pada evaluasi yang meliputi kegiatan: evaluasi perencanaan, evaluasi pelaksanaan, analisis dampak pelaksanaan, rencana tindak lanjut. Pelaksanaan semua kegiatan kolaboratif sudah dilaksanakan, meskipun beberapa kegiatan seperti nota kesepahaman, program khusus penyaluran tenaga kerja alumni, on the job training guru dan teaching factory harus ditingkatkan. Diharapkan bekerjasama dengan dunia usaha dan industri dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Manajemen Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri Samarinda.
Pengarang YUDI ARIANTO - Personal Name
No. Panggil TESIS YUD m 2021
Subyek Dunia usaha dan industri, manajemen,
peningkatan mutu sekolah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua