Detail Cantuman Kembali
SARTINA - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ di SMK Negeri 5 Samarinda Tahun ajaran 2021/2022”

Sartina, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ di SMK Negeri 5 Samarinda Tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Haeruddin, M.Si. selaku Pembimbing I dan Ibu Dewi Rosita, M.Kom selaku Pembimbing II.
Pada pengalaman peneliti pada saat PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) di SMK Negeri 5 Samarinda mendapatkan bahwa (1) guru belum memanfaatkan media pembelajaran selain media powerpoint dan buku paket dalam pembelajaran komputer dan jaringan dasar, (2) siswa diperbolehkan membawa smartphone ke sekolah, (3) untuk siswa kelas sepuluh tidak diwajibkan menggunakan laptop pada saat pembelajaran sehingga hanya beberapa siswa yang memiliki laptop dan (4) belum adanya media pembelajaran berbasis web yang menggunakan articulate storyline 3 khususnya pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 5 samarinda.
Peneliti perlu mengembangkan media pembelajaran berbasis web dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada dengan menggunakan articulate storyline 3 agar siswa lebih mudah menerima materi khususnya pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Pelajaran ini memerlukan pemahaman lebih yang cenderung dapat membuat siswa merasa jenuh, sehingga siswa terkadang memanfaatkan smartphone yang mereka miliki untuk menghilangkan rasa jenuh dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran berbasis web menggunakan articulate storyline 3 dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menunjang proses pembelajaran, selain itu dengan tampilan baru dapat membuat siswa lebih tertarik dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru serta praktis untuk diakses dimana saja dan kapan saja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web menggunakan articulate storyline 3 pada pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar materi jaringan komputer di SMK Negeri 5 Samarinda Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation
ation. Subjek dalam penelitian ini ialah 3 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 35 siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner/angket. Hasil dari uji kelayakan media pembelajaran berbasis web dari ahli media dengan 19 indikator diperoleh skor 85 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, kuisioner dari ahli materi dengan vi 10 indikator diperoleh skor 39 yang termasuk dalam kategori “Layak”, dan kuisioner dari siswa dengan16 indikator diperoleh skor 71,05 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”
Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi, ahli media dan siswa, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web menggunakan Articulate Storyline 3 yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran komputer dan jaringan dasar pada materi jaringan komputer.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ di SMK Negeri 5 Samarinda Tahun ajaran 2021/2022”
Pengarang SARTINA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAR p 2022
Subyek Media pembelajaran, Berbasis Web,
Articulate Storyline 3, ADDIE,
Komputer dan Jaringan Dasar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA konsentrasi PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua