Detail Cantuman Kembali
GIDION - Personal Name

Peningkatan hasil belajar IPS tema tentang pekerjaan dimasyarakat melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas III SDN 001 Kayan selatan

GIDION, 2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Peningkatan hasil belajar IPS tema tentang pekerjaan dimasyarakat melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas III SDN 001 Kayan selatan.” Dibawah bimbingan Bapak Dr.Mohammad Ilyas, M.Pd. selaku pembimbing I dan Bapak Drs. H. La Djanka.,M.Pd. selaku pembimbing II.
Kata kunci : Hasil belajar IPS,siswa kelas III SDN 001 Kayan selatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang pekerjaan dimasyarakat melalui Metode Kooperatif tipe STAD Pada Kelas III SDN 001 Kayan Selatan Tahun pembelajaran 2021/2022
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kulitas hasil belajar siswa kelas III SDN 001 Kayan Selatan pada mata pelajaran IPS Berdasarkan hasil yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan ( acting) siklus I secara umum sudah dapat dikategorikan cukup tetapi tingkat ketuntasannya belum tercapai, hal ini dikarenakan pada lembar kegiatan proses (terlampir) langkah-langkah pembelajaran dengan mengunakan model Kooperatif Tipe STAD sebagian suda dilaksanakan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pengamatan pada sisswa di SDN 001 Kayan Selatan data menunjukan hasil belajar Kondisi awal nilai ratarata siswa hanya mencapai 52,36 dengan persentase ketuntasaan 44,44%, sedangkan perbaikan pembelajaran pada siklus I hasil rata-rata nilai siswa suda mencapai 68,11 dengan persentase ketuntasaan 66,66% dengan haasil yang dicapai bahwa selisih nilai kondisi awal dan pebaikan hasil belajar pada siklus I sudah mencapi 15,75%.
Berdasarkan hasil yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan (acting) aiklus II secara umum sudah dapaat dikategorikan sangat baik dan tingkat ketuntasan sudah tercapai, karena pada tindakan siklus II tidak ditemukan hambatan yang seperti ditemua pada siklus sebelumnya, selain itu pada lembar kegiatan proses (terlampir) langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD sudah dilaksanakan Kegiatan siswa secara keseluruhan sudah biak dan sesuai dengan indikator pada lembar pengamatan aktivitas siswa (terlampir) dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model ini sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan klasikal lebih dari 75%, maka peneliti memutuskan bahwa penelitian ini tellah berhasil dan tidak perlu dilanjutkan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan hasil belajar IPS tema tentang pekerjaan dimasyarakat melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas III SDN 001 Kayan selatan
Pengarang GIDION - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI GID p 2021
Subyek Hasil belajar IPS,
siswa kelas III SDN 001 Kayan selatan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua