peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 studi kasus: disekolah menengah pertama negeri 4 kecamatan loajanan kabupaten kutai kartanegara
Melkiana Loran Boucha, 2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, “Peran Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Study Kasus: Disekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kecamatan Loajanan Kabupaten Kutai Kartanegara”. Dibawah bimbingan Dr. Edi Rachmad, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Suryaningsi, SPd, M.H selaku pembimbing II. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesiapan sekolah menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di Sekolah Menegah Pertama Negeri 4 Kecamatan Loajanan Kabupaten Kutai Kartanegara, untuk mengetahui Faktor-faktor penghambat kemajuan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 di Sekolah Menegah Pertama Negeri 4 Kecamatan Loajanan Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk mengetahui Peran kepala Sekolah dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kecamatan Loajanan Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif bersifat holistic, penelitian ini terfokus pada kesiapan sekolah, faktor internal dan ekternal penghambat pembelajaran daring, dan peran kepala sekolah di SMPN 4 Loajanan. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa: 1) kesiapan sekolah terhadap pembelajaran daring yang terfokus pada kesiapan peserta didik, kesiapan guru, kesiapan infrastruktur dan kesiapan manajemen kelima fokus ini saling keterkaitan untuk mengetehaui kesiapan sekolah dalam mengahdapi pembelajaran daring pada masa awal pandemi Covid-19. 2) faktor penghambat terhadap penerapan pembelajaran disekolah ada 2 yaitu dari faktor internal dan eksternal yang dimana Dalam kendala-kendala yang ada tersebut sekolah tidak tutup mata dan berusaha mengatasinya dengan semampunya untuk mengatsasinya. 3) peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dimuali dari teknologi dan media yang digunakan, pemberdayaan guru, program-program kedepan, pelatihan dan kerja sama dengan pihak luar sekolah yang dimana dalam peranannya kepala sekolah memaksimalkan kemampuannya
Ketersediaan
Detail Information
Judul | peran kepala sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 studi kasus: disekolah menengah pertama negeri 4 kecamatan loajanan kabupaten kutai kartanegara |
---|---|
Pengarang | melkiana loran boucha - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MEL p 2022 |
Subyek | Daring; Covid-19; Peran; Kepala sekolah; Menimplementasikan Pembelajaran daring |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY