Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Persepsi Siswa SMP mengenai STEM Career pada Materi Suhu dan Kalor
Kondisi perkembangan global yang semakin pesat akibat kemajuan di bidang teknologi menandakan betapa pentingnya tenaga ahli yang menguasai teknologi dan sains. Persepsi siswa mengenai STEM career perlu ditingkatkan untuk mengatasi kebutuhan tenaga ahli di bidang STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis STEM untuk meningkatkan persepsi siswa SMP mengenai STEM career pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi-experiment dan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Samarinda berjumlah 11 kelas dengan sampel sebanyak 30 siswa di kelas VII C. Pengumpulan data menggunakan angket berisi 19 butir pernyataan tertutup dengan 13 butir pernyataan positif dan 6 butir pernyataan negatif serta 3 soal terbuka yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah pembelajaran STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan terhadap persepsi siswa SMP mengenai STEM career sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran berbasis STEM. Informasi mengenai karir di bidang STEM dalam pembelajaran perlu terus ditingkatkan sehingga dapat mendorong siswa agar memiliki minat dan motivasi yang tinggi untuk merencanakan karir di bidang STEM.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Persepsi Siswa SMP mengenai STEM Career pada Materi Suhu dan Kalor |
---|---|
Pengarang | RISKI AMALIA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT p 2021 |
Subyek | Pembelajaran STEM, STEM Career, Persepsi Siswa SMP, Suhu dan Kalor |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY