Detail Cantuman Kembali
NURIS PRASTIKA - Personal Name

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI SMA Negeri 13 Samarinda

Nuris Prastika, 2022. Skripsi yang berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI SMA Negeri 13 Samarinda”. Dibawah bimbingan Dr.Sudarman, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing I dalam Drs. Kadori Haidar. MM selaku dosen pembimbingII.
Tujuan pengelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi bagaimana faktor internal dan faktor ekstenal mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XI dalam program ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program ekonomi dengan jumlah siswa 78 orang, penelitian ini disebut penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini teridiri dari variabel bebas yaitu faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2) serta variabel terkait yaitu prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket), wawancara, dokementasi, observasi. Analisis deskriptif presentase. Hasil analisis deskriptif presetase menunjukkan bahwa variabel faktor eksternal termasuk kategori tinggi dengan presentase (78,5%) memiliki indokator jasmani, kategori tinggi faktor psikologis sebesar (76,1%), kategori tinggi dari kelelahan sebesar (78,5%). Sedangkan variabel faktor eksternal termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar (92,8%) memiliki indikator yang meliputi faktor keluarga, kategori tinggi sekolah (76,1%) kategori tinggi, dan faktor masyarakat sebesar (71,4%). Simpulan bahwa faktor internal mempengaruhi prestasi belajar dalam katergori tinggi yang meliputi faktor jasmani, faktor psikologis, dan faktor kelelahan. Sedangkan faktor eksternal mempengaruhi prestasi belajar yang meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pada faktor interanal yang mempunyai pengaruh paling kecil pada indikator faktor kelelahan sehingga siswa diharapakan agar lebih pintar lagi dalam mengatur waktu untuk belajar dan waktu untuk istirahat agar waktuk belajar dan waktu istirahat berjalan dengan seimbang supaya tidak terjadi kelelahan dalam proses belajar pada faktor eksternal yang memiliki pengaruh paling kecil pada indikator faktor sekolah sehingga sekolah diharapkan lebih memberi kelengkapan dalam proses belajar mengajar, menyediakan alat-alat Pratik yang lebih lengkap agar siswa lebih lengkap agar siswa lebih tertarik pada pelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar yang lebih optimal lagi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI SMA Negeri 13 Samarinda
Pengarang NURIS PRASTIKA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR f 2022
Subyek Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN EKONOMI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua