Detail Cantuman Kembali
Vheronica Titin Bungin - Personal Name

Analisis Kadar Kalium (K) Total dan Tembaga (Cu) Pada Penambahan Bioaktivator EM4 Terhadap Kompos (Sampah Kacang Panjang dan Kulit Kacang Kedelai)

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Analisis Kadar Kalium (K) Total dan Tembaga (Cu) pada Penambahan EM4 terhadap Kompos (Sampah Kacang Panjang dan Kulit Kacang Kedelai)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu pengomposan berpengaruh terhadap pH, suhu, kelembaban dan menentukan variasi optimum bioaktivator EM4 terhadap kadar K-Total dan Cu. Tahapan penelitian meliputi uji pengaruh waktu pengomposan terhadap pH, suhu, kelembaban, warna. Penentuan waktu optimum dan variasi optimum bioaktivator EM4 terhadap kandungan K-Total dan Cu. Hasil One Way Analysis of Variance menunjukkan bahwa nilai F hitung pH, suhu dan kelembaban lebih besar dibandingkan nilai F tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu pengomposan berpengaruh signifikan terhadap pH, suhu dan kelembaban. Hasil yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan maka dilakukan uji lanjutan yaitu Uji Tukey yang menunjukkan adanya perbedaan pengaruh selama waktu pengomposan. Variasi optimum EM4 berdasarkan kadar K-Total dan Cu adalah 20 mL dengan persen K2O 0,632% dan Cu 21,58 mg/kg.

Kata Kunci : Kompos, Bioaktivator EM4, Kacang panjang dan Kulit kacang kedelai.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kadar Kalium (K) Total dan Tembaga (Cu) Pada Penambahan Bioaktivator EM4 Terhadap Kompos (Sampah Kacang Panjang dan Kulit Kacang Kedelai)
Pengarang Vheronica Titin Bungin - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI VHE a 2022
Subyek Kompos Bioaktivator EM4 Kacang panjang dan Kulit k
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2002
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua