Detail Cantuman Kembali
ROSYTHA - Personal Name

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (Studi Literatur)

Rosytha. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Literatur). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Rusdiana, M.Pd dan (II) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd.
Kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi siswa karena siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi. Berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dapat meminimalisir terjadinya kesalahan saat menyelesaikan permasalahan, sehingga pada hasil akhir akan diperoleh suatu penyelesaian dengan kesimpulan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan subjek yang digunakan dalam penelitian-penelitian kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah pertama dalam pembelajaran matematika, untuk mengklasifikasikan materi yang digunakan dalam penelitian-penelitian kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah pertama dalam pembelajaran matematika dan untuk mengklasifikasikan metode yang digunakan pada penelitian-penelitian kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah pertama dalam pembelajaran matematika.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literatur Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi penelitian-penelitian pada topik analisis kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah pertama dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini mengelompokkan seluruh artikel yang dianalisis ke dalam tiga kategori, yaitu subjek, materi dan metode yang digunakan dalam penelitianpenelitian tersebut. Data yang digunakan berasal dari 22 artikel yang terdapat dalam 11 jurnal pendidikan matematika yang terakreditasi oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada kategori Sinta 2 dan DOAJ.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Subjek yang digunakan lebih banyak pada kelas VIII yaitu sebesar 68%; 2) Materi yang paling banyak digunakan dalam penelitian adalah materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Materi Bangun ruang sisi datar dengan persentase 14%; dan 3) Metode metode penelitian yang paling mendominasi pada artikel-artikel terkait yaitu metode eksperimen.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (Studi Literatur)
Pengarang ROSYTHA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ROS a 2022
Subyek Kemampuan Berpikir kritis,
Pembelajaran Matematika, Studi Literatur
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua