Detail Cantuman Kembali
ELENA MANDASARI - Personal Name

Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning di Era Pandemi Covid-19 Kelas III Sekolah Dasar Negeri 001 MuaraPahu Kabupaten Kutai Barat Tahun Pembelajaran 2020/2021.

ELENA MANDASARI, 2021. Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning di Era Pandemi Covid-19 Kelas III Sekolah Dasar Negeri 001 MuaraPahu Kabupaten Kutai Barat Tahun Pembelajaran 2020/2021. Skripsi dibimbing oleh (1) Drs. H. Kusdar, M.Ag, dan (2) Drs. H. La Djangka,M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, Berbasis E-learning.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pembelajaran yang merupakan faktor utama dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu 1). Mendeskripsikan implementasi dalam hal perencanaan, pelaksanaan evaluasi. 2) Faktor penghambat dan solusi dalam implementasi dalam hal perencanaan, pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis e-learning di era Pandemi Covid – 19 di SDN 001 Muara Pahu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di Sekolah Dasar Negeri 001 Muara Pahu Kabupaten Kutai Barat pada tanggal 10 mei semester genap tahun pembelajaran 2020/2021. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Implementasi pembelajaran berbasis e-learning era pandemi Covid-19, sudah mampu mengimplementasikan pembelajaran e-learning dengan baik, dalam hal Perencanaan pembelajaran adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kewajiban seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran ada tiga, yaitu membuat perencanaan pembelajaran, kemudian melaksanakan kegiatan pembelajaran dan melakukan evaluasi proses pembelajaran. 2) Faktor penghambat orang tua masih kekurangan dalam memahami teknologi yang digunakan dalam pembelajaran daring, belum maksimalnya sumber daya manusia dalam pembelajaran e-learning dan kuota internet yang terbatas bagi peserta didik dan solusi guru membuat vidio tutorial penggunaan aplikasi whatsapp yaitu ketika guru mengirimkan vidio pembelajaran siswa dapat memutar ulang vidio pembelajaran berbasis e-learning di era Pandemi Covid – 19 di SDN 001 Muara Pahu

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning di Era Pandemi Covid-19 Kelas III Sekolah Dasar Negeri 001 MuaraPahu Kabupaten Kutai Barat Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Pengarang ELENA MANDASARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ELE i 2021
Subyek Implementasi, Pembelajaran, Berbasis E-learning
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua