Detail Cantuman Kembali
ENI ROSITA - Personal Name

PEMAHAMAN INVESTOR TENTANG INVESTASI SAHAM SYARIAH PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH AL-SYATIBI (STUDI PADA GALERI INVESTASI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN)

Adanya permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah pemahaman investor yang masih sangat minim tentang investasi saham syariah perspektif Maqasid Syariah Al-Syatibi di Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan mengetahui cara peningkatan pemahaman investor mengenai investasi saham syariah di Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman menggunakan perspektif maqasid syariah Al-Syatibi. Metode analisis penelitian ini adalah kualitatif pendekatan deskriptif, dengan strategi penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman investor mengenai investasi saham syariah perspektif Maqasid Syariah Al-Syatibi di Galeri Investasi lebih dominan menggolongkan investasi saham syariah ke dalam kebutuhan Al-Tahsiniyat atau kebutuhan pelengkap. Meningkatkan pemahaman investor melalui Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) sebagai penggerak Galeri Investasi dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah pemahaman sesuai dengan koridor maqasid syariah Al-Syatibi yaitu Al-Tahsiniyat dengan memperhatikan lima pemeliharaan yaitu memelihara agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta. Peningkatan pemahaman investor tentang investasi saham syariah termasuk ke dalam pemeliharaan akal yaitu dengan mengadakan diskusi rutin, pendampingan bertransaksi saham, bermain stocklab, pelatihan investor mengenai analisis fundamental dan analisis teknikal, serta melakukan seminar-seminar yang dapat menambah pemahaman investor. Kegiatan tersebut harus dilakukan secara rutin agar mendapat hasil yang diinginkan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMAHAMAN INVESTOR TENTANG INVESTASI SAHAM SYARIAH PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH AL-SYATIBI (STUDI PADA GALERI INVESTASI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN)
Pengarang ENI ROSITA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ENI p 2022
Subyek Pemahaman Investor, Saham Syariah
Maqasid Syariah Al-Syatibi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan ekonomi syariah
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua