Detail Cantuman Kembali
JEFRI GUN - Personal Name

PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK PADA SISWA KELAS IV DI SDN 008 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

JEFRI GUN : Peningkatan hasil belajar penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Dan Gerak Pada Siswa Kelas IV Di SDN 008 Sungai Pinang Tahun pembelajaran 2019/2020. Pembimbing I Iksam, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Hety Diana Septika, M.Pd.

Kata Kunci : Peningkatan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dan Hasil Belajar IPA.

Penelitian ini di dasari oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV. Yang masih sangat rendah dengan KKM yang ditentukan yakni 90%. Dari 30 siswa hanya 13 siswa dengan persentase 29.1% nilainya diatas 70. sedangkan dengan yang lainnya mendapat nilai dibawah 70 berjumlah 17 siswa dengan persentase 70.8%. hal ini disebabkan dengan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat sehinggga siswa kurang termotivasi.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 008 Sungai Pinang. Dengan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV SDN 008 Sungai Pinang, yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pemberian tugas, tes setiap akhir siklus dan ovservasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan presentase.

Penelitian di laksanakan pada bulan September 2019 dan penelitian di lakukan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA. Materi gaya dan gerak setelah diadakan tindakan kelas dengan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada nilai akhir semester I dengan nilai persentase siswa 29.1%. Siklus I mengalami peningkatan menjadi 66.7%. Pada siklus II, mengalami peningkatan 91.67%.

Maka kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Dan Gerak Pada Siswa Kelas IV Di SDN 008 Sungai Pinang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK PADA SISWA KELAS IV DI SDN 008 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Pengarang JEFRI GUN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JEF p 2021
Subyek Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua