Detail Cantuman Kembali
JUHAIRIAH - Personal Name

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL INQUIRY TERBIMBING BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE,ENVIRONMENT, TECHNOLOGI, SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RANTAU PULUNG

Pendidikan merupakan satu jalur utama dalam upaya mempersiapkan generasi muda untuk menyambut dan menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompetitif. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini perlu dikembangkan perangkat pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran biologi model inquiry terbimbing berbasis pendekatan SETS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Rantau Pulung, mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran biologi model inquiry terbimbing berbasis pendekatan SETS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Rantau Pulung. Hasil observasi awal yang dilakukan pada SMA Negeri 1 Rantau Pulung, SMA Negeri 1 Bengalon dan SMK Negeri 2 Bengalon diketahui bahwa guru kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran biologi, sehingga hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis masih rendah. Kevalidan perangkat melalui validator perangkat, materi dan Bahasa, kepraktisan melalui respon guru dan siswa serta keefektifan perangkat diuji dari hasil pre test dan pos test aspek pengetahuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall (Research and Development). Sampel pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas X IPA 1 dan IPA 2 di SMA Negeri 1 Rantau Pulung sebanyak 37 siswa, kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 SMA Negeri 1 Bengalon sebanyak 64 siswa dan SMA Negeri 2 Muara Wahau kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 sebanyak 71 siswa . Hasil analisis data menunjukkan kepraktisan perangkat melalui respon siswa pada SMA Negeri 1 Bengalon 75,14% kategori praktis, SMA Negeri 1 Rantau Pulung sebesar 82,75% kategori praktis, SMA Negeri 2 Muara Wahau sebesar 76,28%, sedangkan kepraktisan perangkat melalui respon guru SMA Negeri 1 Rantau Pulung, SMA Negeri 1 Bengalon dan SMA Negeri 2 Muara Wahau sebesar 96%. Hasil validasi perangkat pembelajaran (Silabus,RPP,LKPD,Hand Out, Evaluasi) sebesar 98,33% dengan kriteria sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Biologi model Inquiry terbimbing berbasis pendekatan Sains, Environment, Technologi dan Society (SETS) sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi. Hasil analisis Kemampuan Berpikir Kritis SMA Negeri 1 Rantau Pulung diperoleh sebesar 0,82, % kategori tinggi, SMA Negeri 1 Bengalon diperoleh 0,78 kategori tinggi dan SMA Negeri 2 Muara Wahau 0,79% kategori tinggi dan analisis hasil belajar SMA Negeri 1 Rantau Pulung 0,87% kategori tinggi , SMA Negeri 1 Bengalon 0,77 kategori tinggi dan SMA Negeri 2 Muara Wahau 0,84 kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model inquiry terbimbing berbasis pendekatan SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa.
Kata-kata Kunci : Inquiry terbimbing, Pendekatan Sains,Environment,Technology, Society (SETS), Hasil belajar, Berpikir kritis,

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL INQUIRY TERBIMBING BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE,ENVIRONMENT, TECHNOLOGI, SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RANTAU PULUNG
Pengarang JUHAIRIAH - Personal Name
No. Panggil TESIS JUH p 2021
Subyek Inquiry terbimbing, Pendekatan Sains,Environment,T
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua