Detail Cantuman Kembali
Risca Junita Saputri - Personal Name

Analisis Kadar Kalsium (Ca) Total Dan Kobalt (Co) Pada Penambahan Bioaktivator EM4 Terhadap Kompos (Sampah Kulit Kacang Kedelai-Kacang Panjang)

Analisis kadar kalsium (Ca) total dan kobalt (Co) pada penambahan EM4 terhadap kompos (sampah kulit kacang kedelai-kacang panjang) telah dilakukan. Dalam penelitian ini akan memanfaatkan sampah organik dari kacang panjang dan kulit kacang kelelai dengan metode takakura menggunakan EM4 sebagai bioaktivator. Tahap pada peneltian ini meliputi uji pengaruh waktu terhadap suhu, kelembaban dan pH; penentuan variasi waktu optimum pengomposan serta penentuan variasi optimum EM4 terhadap kadar kalsium dan kobalt. Hasil analisis one way anova pada suhu, kelembaban dan pH menunjukkan bahwa variabel bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat; waktu optimum pengomposan terdapat pada hari ke-16 dengan suhu 27˚C, kelembaban 51% dan pH 7,19. Variasi optimum EM4 5 mL menghasilkan kadar kalsium total sebesar 0,4922% dan variasi optimum EM4 10 mL menghasilkan kadar kobalt total sebesar 2,8250 mg/kg.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kadar Kalsium (Ca) Total Dan Kobalt (Co) Pada Penambahan Bioaktivator EM4 Terhadap Kompos (Sampah Kulit Kacang Kedelai-Kacang Panjang)
Pengarang Risca Junita Saputri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIS a 2022
Subyek Compost, EM4 Bioaktivator Soybean Shell Long Bean
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan S1 Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua