Detail Cantuman Kembali
HIMMATUL ALIYAH - Personal Name

ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE SISWA SMA NEGERI 1 BALIKPAPAN

Aliyah, Himmatul. 2022. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Siswa SMA Negeri 1 Balikpapan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd dan (II) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd.

Berkaitan dengan kemampuan berpikir geometri siswa yang sangat beragam maka guru sangat berperan penting dan aktif untuk menciptakan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir geometri yang baik. Dengan mengetahui tingkat berpikir geometri peserta didik berdasarkan teori Van Hiele guru dapat melihat sejauh mana peserta didik memahami materi geometri sehingga dapat menyesuaikan pengajaran berdasarkan kemampuan peserta didik dalam belajar geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir geometri siswa kelas XII SMA Negeri 1 Balikpapan berdasarkan Teori Van Hiele.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa kelas XII. Objek pada penelitian ini adalah tingkat kemampuan berpikir geometri berdasarkan teori Van Hiele. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes Geometri Van Hiele dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 61 siswa kelas XII, 13 siswa atau 21,31% berada pada tingkat 0 (visualisasi), 29 siswa atau 45,90% berada pada tingkat 1 (analisis), 18
siswa atau 31,15% berada pada tingkat 2 (abstraksi), 1 siswa atau 1,64% berada pada tingkat 3(deduksi), dan tidak ada siswa yang berada pada tingkat 4 (rigor).
Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Balikpapan paling banyak mencapai tingkat 2 (analisis). Siswa dengan tingkat analisis mampu memilih, mengelompokkan, membedakan, dan menyelesaikan masalah berdasarkan ciri-ciri dan sifat-sifat yang dimiliki oleh suatu bangun geometri. Siswa pada tingkat 2 (analisis) belum mampu memahami hubungan lebih jauh tentang hubungan antar bangun geometri dan belum mampu memahami pembuktian-pembuktian yang melibatkan bangun geometri. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat mengawali penelitian berikutnya yang lebih luas dan mendalam mengenai tingkat berpikir geometri berdasarkan teori Van Hiele.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE SISWA SMA NEGERI 1 BALIKPAPAN
Pengarang HIMMATUL ALIYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HIM a 2022
Subyek Tingkat Berpikir Geometri, Teori Van Hiele,
Bangun Geometri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua