Efektivitas Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik Pada Materi Reaksi Redoks
Kevin Tiurma Dame, 2022 Efektivitas model pembelajaran predict observe explain berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi reaksi redoks. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Farah Erika, M.Si. selaku pembimbing I dan Prof. Dr. H. Muh. Amir Masruhim, M.Kes. selaku pembimbing II.
Keterampilan argumentasi perlu dilatih karena dengan keterampilan ini peserta didik dapat meningkatkan pemahaman tentang materi pelajaran dan dapat belajar cara menilai, mengkritik, mengusulkan serta mengevaluasi argumen orang lain berdasarkan suatu fenomena. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan argumentasinya berdasarkan suatu fenomena adalah model pembelajaran predict observe explain (POE) berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran POE berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi reaksi redoks. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pra-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 16 Samarinda pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X MIA di SMA 16 Samarinda yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan argumentasi peserta didik adalah teknik tes berupa soal essai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik berada pada kategori sedang dengan tingkat efektivitas model POE berbasis kearifan lokal berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas model POE berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi reaksi redoks berada pada tingkat sangat tinggi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik Pada Materi Reaksi Redoks |
---|---|
Pengarang | SIMANJUNTAK, KEVIN TIURMA DAME - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIM e 2022 |
Subyek | Konstruktivisme, Pembelajaran Kimia, Kuantitatif, Deskriptif |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY