Detail Cantuman Kembali
SILVIA NUR RAHMAH - Personal Name

Analisis Kesesuaian Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Buku Tematik Tema 1 Subtema 2 Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Kurikulum 2013 Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Silvia Nur Rahmah, 2021. Analisis Kesesuaian Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Buku Tematik Tema 1 Subtema 2 Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Kurikulum 2013 Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj. Warsinah, M.Pd selaku pembimbing I dan Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M. Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik seperti kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan & mengkomunikasikan yang disesuaikan dengan pembelajaran tema 1 subtema 2 buku tematik kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Kurikulum 2013 Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 1 subtema 2 buku tematik kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Kurikulum 2013 Tahun Pembelajaran 2020/2021
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang menggunakan tahap mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku siswa tematik terpadu kelas IV tema 1 subtema 2 edisi revisi tahun 2017 yang diterbitkan oleh kemendikbud dan rancangan pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada buku tematik tema 1 subtema 2 yang dilakukan oleh Guru Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang sesuai dengan tahapan pendekatan saintifik yaitu tahapan mengamati,menanya,mencoba,mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan dengan jumlah yang ada sebanyak 23 indikator yang sama terdapat didalam buku teks tematik terpadu. Tahapan pendekatan saintifik ini diperoleh dari semua teks yang disesuaikan dengan buku siswa dan RPP kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang. Pengembangan tahapan pendekatan saintifik pada buku teks siswa tematik terpadu dan RPP kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tema 1 subtema 2 terfokus pada dua tahapan saja yaitu tahapan mengamati dan tahapan mengasoasiasikan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kesesuaian Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Buku Tematik Tema 1 Subtema 2 Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Kurikulum 2013 Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Pengarang SILVIA NUR RAHMAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIL a 2022
Subyek Analisis, Pendekatan Saintifik,
Rancangan Pelaksaanaan Pembelajaran,
Buku Tematik, Kurikulum 2013.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua