PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL GOAL (GRAPHIC ORGANIZER-BASED ARGUMENTATION LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMA
Penggembangan perangkat pembelajaran Model GOAL (PP-MG) telah dilakukan. pembelajaran dalam bentuk yang tepat diperlukan karena perangkat pembelajaran dapat membantu persepsi menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran Model GOAL untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (research and development) model 4-D yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahapan pengembangan (develop), tahapan penyebaran (disseminate). Objek penelitian terdiri dari du akelas yaitu; X MIPA 1 dan X MIPA 2. Kevalidan perangkat pembelajaran memperoleh persentase dari validator sebesar 95% dengan kategori sangat baik dan reliabilitas sebesar 95% dengan kategori sangat reliabel. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari observasi guru sebesar 92% dengan kategori sangat baik dan observasi siswa sebesar 97% dengan katetgori sangat baik. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari Nilai N-Gain dan respon siswa. Nilai N-Gain kedua kelas sebesar 0,546 dan0,469 dengan kategori sedang. Keterampilan berargumentasi siswa dinilai dari tiga indikator yaitu klaim dengan nilai NGain 0,7 termasuk kategori sedang, data dengan nilai N-Gain 0,6 termasuk kategori sedang dan jaminan dengan nilai N-Gain 0,3 termasuk kategori sedang. Berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan efektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan maka produk tersebut dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi perkembangan teori atom
Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Model GOAL, Keterampilan Berargumentasi, Perkembangan Teori Atom.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL GOAL (GRAPHIC ORGANIZER-BASED ARGUMENTATION LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMA |
---|---|
Pengarang | DEVI LESTARI - Personal Name |
No. Panggil | TESIS DEV p 2022 |
Subyek | Perangkat Pembelajaran, Model GOAL, Keterampilan B |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY