Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Penggunaan Google Classroom Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021
Ramadhani, Annisa, 2022. Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Penggunaan Google Classroom Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. H. Asyril, M.Si, dan (II) Drs. J. R. Watulingas, MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dialami siswa dan guru selama pembelajaran daring menggunakan Google Classroom pada pelajaran matematika materi penyajian data kelas VII di SMP Negeri 34 Samarinda tahun ajaran 2020/2021
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A, VII-C, dan VII-D di SMP Negeri 34 Samarinda. Objek penelitian ini adalah problematika pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 dalam penggunaan Google Classroom. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik menggunakan kredibilitas (kepercayaan) dengan membandingkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 34 Samarinda menerapkan penggunaan Google Classroom yang merupakan pembelajaran e-learning. Dalam pembelajaran ini terdapat problematika yang dialami antara lain: (1) problematika sarana dan prasarana yang terjadi yaitu, siswa harus memiliki modal untuk mempunyai Smartphone, permasalahan kuota internet/wifi, dan adanya akses jaringan internet yang tidak stabil. (2) Problematika yang dialami guru yaitu kurangnya ketegasan guru dalam pengumpulan tugas dan kehadiran siswa, tidak didukungnya simbol matematika pada aplikasi Google Classroom dan tujuan pembelajaran yang tidak bisa tercapai sepenuhnya dikarenakan pembelajaran daring. (3) Problematika yang dialami siswa yaitu berkaitan dengan kedisiplinan waktu dimana terdapat siswa yang telat mengumpulkan tugas dan presensi tidak diwaktu proses pembelajaran, tingkat ketidak pahaman tentang materi matematika, adanya siswa yang belum paham penggunaan aplikasi Google Classroom serta siswa kurang aktif dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran daring.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Penggunaan Google Classroom Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Annisa Ramadhani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANN p 2022 |
Subyek | Problematika, Google Classroom, pandemi Covid-19 |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY