Detail Cantuman Kembali
Nur Qamarina - Personal Name

Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Income Smoothing (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Bagi investor, laba merupakan indikator penilaian kinerja keuangan perusahaan yang sangat penting. Namun indikator ini berpotensi menjadi informasi yang menyesatkan jika terdapat tindakan pengurangan dengan sengaja atas fluktuasi laba yang dilaporkan agar berada pada tingkat yang dianggap normal oleh manajemen perusahaan, yang disebut dengan income smoothing. Perusahaan sub sektor property dan real estate memiliki prospek bisnis yang baik, terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah perusahaan tersebut di BEI. Hanya saja sebanyak lima perusahaan sub sektor property dan real estate dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar terindikasi melakukan praktik income smoothing pada tahun 2020, yaitu PWON, BSDE, CTRA, SMRA, DMAS. Sehingga penelitian ini kemudian dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh cash holding, profitabilitas dan leverage terhadap praktik income smoothing. Penelitian dilakukan pada 17 perusahaan sub sektor property dan real estate selama periode 2017-2020 menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan cash holding dan leverage secara signifikan menyebabkan peluang terjadinya praktik income smoothing meningkat. Sedangkan peningkatan profitabilitas tidak secara signifikan menyebabkan peluang terjadinya praktik income smoothing meningkat. Sehingga para pemegang saham perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI sebaiknya memperhatikan tingkat cash holding dan leverage perusahaan karena pada tingkat cash holding dan leverage yang tinggi perusahaan berpeluang melakukan praktik income smoothing.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Income Smoothing (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Pengarang Nur Qamarina - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2022
Subyek Profitabilitas
Leverage
Cash Holding
Income Smoothing
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan S1 - Akuntansi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua