HUBUNGAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
Setiap perusahaan bersaing untuk menciptakan produk yang berkualitas agar dapat mencapai kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada wanita pengguna produk Wardah di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 100 orang mahasiswi Kota Samarinda dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang memiliki karakteristik berjenis kelamin perempuan, bertempat tinggal di Samarinda, berusia 18-25 tahun, mengetahui dan melakukan pembelian produk Wardah, serta menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari minimal lip product atau bedak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepuasan konsumen dan skala kualitas produk yang sebelumnya dilakukan uji tryout terlebih dahulu. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program Statisical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen dengan nilai r hitung = 0.170 lebih besar dari nila r tabel = 0.165 dan nilai p = 0.045 (p < 0.050) menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas produk dengan konsumen pada wanita pengguna produk Wardah di Kota Samarinda.
Kata Kunci : kepuasan konsumen dan kualitas produk.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN |
---|---|
Pengarang | Qonita Afifah Nur Maula - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI QON h 2021 |
Subyek | kepuasan konsumen dan kualitas produk. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY