POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN LONG IRAM KABUPATEN KUTAI BARAT
Dwi Indah Astuti, Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Bambang Irawan,S.Sos,M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Annisa Wahyuni Arsyad,S.IP.,M.M sebagai pembimbing II. Penelitian ini membahas mengenai penerapan komunikasi organisasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan khususnya kantor Kecamatan Long Iram dengan tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan komunikasi organisasi serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan kualitas pelayanan di kantor Kecamatan Long Iram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di kantor Kecamatan Long Iram. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria berstatus sebagai pegawai Kecamatan yang telah bekerja aktif di kantor Kecamatan Long Iram. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi organisasi telah diterapkan oleh Kantor Kecamatan Long Iram. Penerapan komunikasi dari atas ke bawah terlihat dalam penyebaran informasi kebutuhan pegawai kantor kecamatan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Pada komunikasi dari bawah ke atas diterapkan dalam penyampaian hasil pekerjaan para pegawai. Namun, terdapat kendala yang sering terjadi yakni waktu bertemu yang tidak tepat sehingga menyebabkan terhambatnya penyelesaian pekerjaan. Pelaksanaan komunikasi horizontal terlihat pada pelaksanaan pekerjaan, koordinasi, rapat, diskusi di kantor Kecamatan Long Iram. Pada komunikasi diagonal diterapkan dalam diskusi pekerjaan antar satu divisi dengan divisi lain.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Kantor Kecamatan, Kualitas Pelayanan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN LONG IRAM KABUPATEN KUTAI BARAT |
---|---|
Pengarang | DWI INDAH ASTUTI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DWI p 2021 |
Subyek | Komunikasi Organisasi, Kantor Kecamatan, Kualitas |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY