Detail Cantuman Kembali
Ana Fitriana - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 9 pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sebulu Tahun Ajaran 2020/2021

Ana Fitriana, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sebulu Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi ini dibimbing oleh Ibu Suriaty, M. Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Galih Yudha Saputra, S.Kom, M.Kom selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft PowerPoint dan Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sebulu Kelas IX Tahun Ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri 10 langkah kemudian di sederhanakan menjadi 5 langkah tahapan pokok yang meliputi: a) melakukan penelitian pendahuluan, b) mengembangkan produk awal dengan Microsoft PowerPoint dan Ispring Suite, c) melakukan validasi produk, d) melakukan uji coba, dan e) membuat produk akhir. Media pembelajaran interaktif ini menggunakan konsep animasi dan identik dengan warna coklat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi, dibuktikan berdasarkan hasil rata-rata pengembangan media pembelajaran dari ahli materi diperoleh rata-rata skor 83 dengan persentase kelayakan sebesar 90% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 321 dengan persentase kelayakan sebesar 82% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Pengembangan media pembelajaran dikembangkan dengan adanya tambahan level kuis dan permainan di dalam media pembelajaran agar menarik perhatian siswa untuk belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 9 pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sebulu Tahun Ajaran 2020/2021
Pengarang Ana Fitriana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANA p 2021
Subyek Media Pembelajaran, Ispring Suite 9,
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Internet
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua