Detail Cantuman Kembali
SITTI MARIYAH NENGSIH - Personal Name

Tinjauan Penerapan Etika Bisnis Islami Pada Pedagang Muslim Pasar Kedondong Samarinda

Sitti Mariyah Nengsih, “Tinjauan Penerapan Etika Bisnis Islami Pada Pedagang Muslim Pasar Kedondong Samarinda” di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Zainal Ilmi, S.E., M.BA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman para pedagang Pasar Kedondong Samarinda mengenai etika bisnis Islam dan untuk mengetahui apakah para pedagang telah menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatan berdagang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pendekatan penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dangan tujuh prinsip etika bisnis Islam sebagai indikator penelitian dan objek penelitian adalah para pedagang Muslim Pasar Kedondong Samarinda, batasan penelitian hanya dilakukan pada tiga jenis pedagang yang merupakan maoyoritas di Pasar Kedondong yaitu pedagang sembako, ikan dan sayur. Fokus penelitian ini adalah pada pemahaman dan cara pedagang dalam menerapkan tujuh prinip etika binis Islami. Informan penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dimana peneliti menentukan sendiri informan yang dipilih atas pertimbangan tertentu, informan penelitian berjumlah 10 orang yang terdiri dari pedagang, pembeli tetap dan pegawai kantor unit Pasar Kedondong Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian para pedagang umumnya telah mengetahui etika bisnis islami dan telah menerapkan dalam kegiatan jual-belinya secara umum dilihat pada kejujuran menimbang, menjaga kualitas barang dan juga menjalin hubungan baik pada sesama, walaupun belum sempurna secara keseluruhan. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberapa oknum yang melanggar etika seperti obral sumpah, serta tidak ramah pada pembeli dan sesama pedagang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Tinjauan Penerapan Etika Bisnis Islami Pada Pedagang Muslim Pasar Kedondong Samarinda
Pengarang SITTI MARIYAH NENGSIH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT t 2021
Subyek Pedagang, Penerapan, dan Etika Bisnis Islam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan EKONOMI ISLAM
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua