Detail Cantuman Kembali
Winda Kurniawat - Personal Name

Analisis Kesesuaian Buku Teks Matematika Peminatan Kelas X dengan Rumusan Kurikulum 2013 SMA Negeri di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kurniawati, Winda. 2022. Analisis Kesesuaian Buku Teks Matematika Peminatan Kelas X dengan Rumusan Kurikulum 2013 SMA Negeri di Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing (1) Dr. H. Abd. Basir A., M.Si dan (II) Dr. Rusdiana, M.Pd.
Analisis buku teks penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesesuaian buku teks dengan kurikulum yang berlaku dalam sistem pembelajaran. Buku teks memiliki peran yang sangat penting bagi guru dan siswa sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku teks matematika peminatan kelas X yang digunakan SMA Negeri di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan rumusan kurikulum 2013 meliputi aspek Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Kecukupan Materi, Kedalaman Materi, Pendekatan Saintifik, dan Penilaian Autentik. Subjek penelitian ini adalah buku teks matematika peminatan kelas X terbitan Erlangga dengan penulis Sukino (Buku A), terbitan Erlangga dengan penulis B.K. Noormandiri (Buku B), dan buku terbitan Srikandi Empat dengan penulis Suah Sembiring, dkk (Buku C). Objek penelitian ini adalah kesesuaian buku teks matematika peminatan. Teknik pengumpulan data dengan survei dan studi dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian buku A dengan rumusan kurikulum 2013 dikategorikan cukup dengan persentase sebesar 73,9%, dimana kesesuaian dalam aspek SKL, KI, dan Kedalaman Materi dikategorikan baik, kesesuaian dalam aspek KD dan Pendekatan Saintifik dikategorikan cukup, sedangkan kesesuaian dalam aspek Kecukupan Materi dan Penilaian Autentik dikategorikan kurang. Kesesuaian buku B dengan rumusan kurikulum 2013 dikategorikan cukup dengan persentase sebesar 71,9%, dimana kesesuaian dalam aspek SKL dan Kedalaman Materi dikategorikan baik, kesesuaian dalam aspek KI dan Pendekatan Saintifik dikategorikan cukup, sedangkan kesesuaian dalam aspek KD, Kecukupan Materi, dan Penilaian Autentik dikategorikan kurang. Kesesuaian buku C dengan rumusan kurikulum 2013 dikategorikan baik dengan persentase sebesar 86,5%, dimana kesesuaian dalam aspek SKL, KI, KD, dan Pendekatan Saintifik dikategorikan sangat baik, kesesuaian dalam aspek Kedalaman Materi dikategorikan baik, kesesuaian dalam aspek Penilaian Autentik dikategorikan cukup, sedangkan kesesuaian dalam aspek Kecukupan Materi dikategorikan kurang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kesesuaian Buku Teks Matematika Peminatan Kelas X dengan Rumusan Kurikulum 2013 SMA Negeri di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Pengarang Winda Kurniawat - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WIN a 2022
Subyek Kesesuaian Buku, Buku Teks,
Matematika Peminatan, Kurikulum 2013
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua