Detail Cantuman Kembali

Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert

Elmerillia Faridhatijannah, 2022. Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh: Dr. H. Zainuddin Untu, M.Pd dan Petrus Fendiyanto, S.Pd, M.Si
Tipe kepribadian ekstrovert dan introvert menyebabkan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika materi program linier pada siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada semester ganjil bulan Juli tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah 6 siswa yang terdiri dari 3 siswa berkepribadian ekstrovert dan 3 siswa berkepribadian introvert dari kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 10 Samarinda. Sedangkan objek penelitiannya adalah kemampuan menyelesaikan soal matematika materi program linier berdasarkan langkah-langkah menyelesaikan program linier. Adapun instrumen penelitian berupa angket, tes tertulis, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu angket, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 soal siswa ekstrovert mampu menyelesaikan soal cerita matematika sampai pada langkah-langkah membuat model matematika. Sedangkan siswa introvert menyelesaikan soal cerita matematika hingga pada langkah-langkah membuat grafik dari fungsi pertidaksamaan linier dua variabel. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika materi program linier ini dengan kepribadian introvert cenderung lebih mampu menyelesaikan soal cerita program linier dibandingkan siswa ekstrovert.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert
Pengarang ELMERILLIA FARIDHATIJANNAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ELM k 2022
Subyek Ekstrovert, Introvert, Program Linier,
Soal Cerita Matematika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua