Detail Cantuman Kembali
ABDUL GAFUR IRAWAN - Personal Name

Analisis Sosiologi Pada Novel “Di Antara Dua Cinta: Mencumbu Jenggala Berkalang Jeram”Karya Iini Indarpuri

Abdul Gafur Irawan. 2021. Analisis Sosiologi Pada Novel “Di Antara Dua Cinta: Mencumbu Jenggala Berkalang Jeram”Karya Iini Indarpuri . Skripsi Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pembimbing I: Drs. Anwar Balfas, M. Pd. Dosen Pembimbing II: Drs. H. Akhmad Murtadlo, M.Pd.
Kata Kunci: Sosiologi, Novel, Interaksi Sosial
Aspek sosial adalah segala meliputi hasil aktivitas hubungan manusia dengan alam disekitarnya. Sementara aspek fisik adalah fenomena yang berkaitan dengan kejadian alam dan aktifitas alam yang mempengaruhi kehidupan manusia. Pendekatan sosiologi sastra yang paling banyak dilakukan saat ini menaruh perhatian yang besar terhadap aspek dokumenter sastra. Pandangan ini beranggapan bahwa sastra merupakan cermin langsung dari pelbagai segi struktur sosial, hubungan kekeluargaan, pertentangan kelas, dan lain-lain. Dalam hal ini, tugas sosiologi sastra adalah menghubungkan pengalaman tokoh-tokoh khayali dan situasi ciptaan pengarang itu dengan keadaan sejarah yang Nampak asal-usulnva. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teori sosiologisastra untuk meneliti poin-poin kebudayaan.

Beberapa unsur-unsur sosial dalam Novel Di Antara Dua Cinta Mencumbu Jenggala Berkalang Jeram Karya Inni Indarpuri ini adalah sebagai berikut:1) Keadaan Geografis Wilayh, yakni wilayah Kampung Rikong, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Mahakam Hulu, Provinsi Kalimantan Timur, 2) Adat istiadat masyarakat Kampung Rikong yakni meliputi penyambutan, belian, upacara perkawinan, belian, manugal, dan acara lainnya,3) Interaksi sosial masyarakat Kampung Rikong yang sangat peduli dan saling membantu, serta kekeluargaan yang hangat, 4) Cinta dan kesetiaan yang menjadi ujian bagi Horizon dalam memilih tambatan hati, memilih tetap bersama Zahra kekasihnya, atau berkhianat dan menambatkan hati kepada bidadari hutan, Leang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Sosiologi Pada Novel “Di Antara Dua Cinta: Mencumbu Jenggala Berkalang Jeram”Karya Iini Indarpuri
Pengarang ABDUL GAFUR IRAWAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ABD a 2021
Subyek Sosiologi, Novel, Interaksi Sosial
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua