Detail Cantuman Kembali
EKO HADI PURWANTO - Personal Name

PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS WEB OFFLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENERAPKAN PERSYARATAN TUMBUH

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi Menerapkan Persyaratan Tumbuh. Dalam pelaksanaan penelitian ini digunakan data primer yang di uji dengan validitas, Reliabilitas tes dan Reliabilitas instrumen selanjutnya dilakukan uji normalitas data, Uji homogenitas dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t paired sampel test, uji Wilcoxon signed Rank test dan uji gain ternormalisasi/N-Gain. Pembelajaran Blended Learning (X1), Motivasi Belajar (Y1), Keterampilan Berpikir Kritis (Y2), Hasil Belajar (Y3), Pembelajaran Konvensional (X2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (X1) berpengaruh terhadap (Y1) nilai t hitung sebesar 16.217 ≥ nilai t table 1.729 maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara motivasi belajar pretest dan posttest yang artinya ada pengaruh model Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa. (X1) berpengaruh terhadap (Y2) nilai t hitung sebesar 37.990 ≥ nilai t tabel 1.729 maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil pretest dan posttest artinya ada pengaruh model Blended Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis siswa. (X1) terhadap (Y3) nilai t hitung sebesar 33.583 ≥ nilai t tabel 1.729 maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata variabel hasil belajar hasil pretest dan posttest artinya ada pengaruh model Blended Learning terhadap hasil belajar siswa. Hasil (X2) terhadap (Y1) Nilai t hitung sebesar 8,001 ≥ nilai t tabel 1.729 maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara motivasi belajar pretest dan posttest artinya ada pengaruh pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Hasil (X2) terhadap (Y2) nilai t hitung sebesar 15.901 ≥ nilai t table 1.729 maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara nilai Keterampilan Berpikir Kritis pretest dan posttest artinya ada pengaruh pembelajaran konvensional terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Hasil (X2) terhadap (Y3) Nilai t hitung sebesar 13.733 ≥ nilai t tabel 1.729 maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest artinya ada pengaruh pembelajaran konvensional terhadap Hasil belajar. Keyword : Blended Learning, Konvensional, Motivasi Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS WEB OFFLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENERAPKAN PERSYARATAN TUMBUH
Pengarang EKO HADI PURWANTO - Personal Name
No. Panggil TESIS EKO p 2021
Subyek Blended Learning, Konvensional, Motivasi Belajar,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua