Detail Cantuman Kembali
NABILA ELFARIANA - Personal Name

KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA MASSA TERHADAP PEMBERITAAN KONSPIRASI COVID-19 (ANALISIS FRAMING PADA KOMPAS.COM PERIODE AGUSTUS – SEPTEMBER 2020)

Tidak dapat dipungkiri bahwa konstruksi sosial akan selalu membersamai dalam setiap pemberitaan media massa, terlebih pada fenomena yang saat ini tengah terjadi yaitu penyebaran virus Covid-19. Pendemi Covid-19 yang menyebabkan tingkat kepanikan di kalangan masyarakat ini pun menimbulkan berbagai macam opini yang di antaranya menduga Covid-19 hanyalah hasil konspirasi dan hoaks pihak tertentu. Dengan adanya media massa menyebabkan isu tersebut dengan cepat menyebar dan menimbulkan berbagai permasalahan, baik terhadap peningkatan korban virus Covid-19 maupun terhadap penanganan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 . Penelitian ini dilakukan untuk membedah konstruksi media massa terhadap pemberitaan konspirasi Covid-19 dalam harian Kompas.com periode AgustusSeptember 2020 dengan menggunakan analisis framing model Robert N. Entman. Metode analisis ini memiliki empat perangkat dalam menentukan pembingkaian berita yaitu: define problem, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas media massa dengan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembingkaian berita oleh Kompas.com lebih banyak memberikan ruang bagi pemerintah khususnya Satgas Penanganan Covid-19 dalam menangkal peredaran isu hoaks dan teori konspirasi Covid-19. Define problem pemberitaan berkaitan dengan kekhawatiran pemerintah terhadap penyebaran berita bohong yang dapat memicu meningkatnya kasus penyebaran Covid-19, sehingga media banyak menggandeng tenaga medias dan para ahli untuk dijadikan narasumber. Diagnose causes menunjukkan kelompok masyarakat yang banyak menganggap remeh dan tidak mematuhi protokol kesehatan karena termakan isu teori konspirasi Covid-19. Make Moral Judgement berupa bukti-bukti sejarah dan lembaga kesehatan turut serta berkontribusi dalam menangkal isu teori konspirasi Covid-19. Treatment recommendation yang ditawarkan dalah pemerintah menggandeng media pemberitaan untuk turut serta menjadi mediator penyampai pesan kepada khalayak dalam memberitakan situasi pandemi dalam bentuk edukasi. Kata Kunci : Konstruksi media massa, analisis framing, Covid-19.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA MASSA TERHADAP PEMBERITAAN KONSPIRASI COVID-19 (ANALISIS FRAMING PADA KOMPAS.COM PERIODE AGUSTUS – SEPTEMBER 2020)
Pengarang NABILA ELFARIANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAB k 2022
Subyek Konstruksi media massa, analisis framing, Covid-19
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua