EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA
Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi rendahnya perilaku asertif pada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Samarinda, peneliti merumuskan bahwa “apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Samarinda?”. Dengan tujuan ingin mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok teknik role playing efektif dalam meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XI SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimental designs dengan desain penelitian one-group pretestposttest design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA dan XI Sosial SMA Negeri 11 Samarinda yang masuk dalam kriteria asertif rendah. Kemudian didapatkan 6 sampel dengan menggunakan skala perilaku asertif. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh rata-rata skor kelompok eksperimen sebelum diberikan treatment adalah sebesar 67,83 dan setelah diberikan treatment terjadi peningkatan menjadi 100,83. Dari uji Wilcoxon diperoleh Zhitung -2.207. p= 0.00, p < 0.05, oleh karena Zhitung.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | MITA DWIYANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MIT e 2020 |
Subyek | bimbingan kelompok Perilaku Asertif Role Playing |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY