Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring Kimia Menggunakan Aplikasi Discord di SMA Negeri 13 Samarinda
Dinar Prasiwi, 2022. Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Daring Kimia Menggunakan Aplikasi Discord di SMA Negeri 13 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Sukemi, S.Pd., M.Sc. selaku pembimbing I dan Iis Intan Widiyowati, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II.
Discord adalah aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran kimia secara daring menggunakan aplikasi discord. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi (kuantitatif dan kualitatif). Persepsi siswa yang diukur adalah kemudahan akses, manfaat akses, komunikasi dan interaksi, pengiriman instruksi dan kepuasan siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 13 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah 279 siswa jurusan MIPA tahun akademik 2020/2021 dengan jumlah sampel sebanyak 74 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data kualitatif dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup Kuesioner menggunakan skala Likert 1-4 (sangat tidak setuju – sangat setuju) yang telah divalidasi. Data kualitatif adalah alasan siswa terhadap persepsinya yang diambil dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik tentang pembelajaran kimia secara daring menggunakan Discord. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa setuju penggunaan discord dalam pembelajaran kimia secara daring mudah diakses, bermanfaat dalam pembelajaran, baik dalam menjalankan komunikasi dan interaksi, dan puas terhadap pembelajaran. Sementara siswa sangat setuju bahwa pengiriman instruksi dalam pembelajaran kimia secara daring menggunakan discord berjalan dengan baik. Hasil ini mengindikasikan bahwa Discord dapat dijadikan rujukan dan bahan pertimbangan bagi guru kimia dalam pembelajaran daring.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring Kimia Menggunakan Aplikasi Discord di SMA Negeri 13 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Dinar Prasiwi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIN p 2022 |
Subyek | Discord; Pembelajaran daring; Persepsi siswa; Siswa SMA |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY