Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel Bermuatan Pendidikan Nilai dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Khair Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara
Jubaidah. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel Bermuatan Nilai Pendidikan Nilai dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Khair Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara Tesis. Samarinda: Program Pascasarjana, Universitas Mulawarman Samarinda,. Pembimbing (1) Prof. Dr. H Rahmat Soe’oed, MA., (II). Prof. Dr. H. M. Siddik
Kondisi yang ada pada sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) saat ini ternyata masih sangat minim bahan ajar berbentuk buku ajar yang memuat tema tentang pembelajaran fabel bermuatan pendidikan nilai dengan pendekatan saintifik. Masih banyak yang mengeluhkan bahwa bahan ajar berbentuk buku cetak yang hanya berisi latihan soal-soal untuk dikerjakan siswa pada saat jamjam kosong atau sebagai tugas PR yang harus dikerjakan siswa di rumah. Seharusnya bahan ajar berbentuk buku cetak tidak hanya selalu berisi materi dan latihan soal. Materi dan media maupun latihan soal yang disajikan dalam bahan ajar berbentuk bagan tersebut lebih tepatnya merupakan soal evaluasi untuk mengukur kemampuan kognitif siswa saja. Dari permasalahan tersebut diperlukan pengembangan bahan ajar untuk membantu guru merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta tidak membosankan bagi siswa
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan bahan ajar teks fabel bermuatan pendidikan nilai dengan pendekatan saintifik yang layak digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi fabel untuk siswa Madrasah Tsanawiyah, dan (2) mengetahui keefektifan bahan ajar hasil pengembangan dalam meningkatkan pemahaman konsep pada pembelajaran bahasa Indonesia. 3) mengetahui daya tarik bahan ajar teks fabel bermuatan pendidikan nilai dengan pendekatan saintifik pada siswa Madrasah Tsanawitah Miftahul Khair Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D) yang mencakup 8 (delapan) langkah kegiatan, yaitu: mengumpulkan informasi dan penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk uji coba terbatas, uji coba lapangan, revisi produk uji coba lapangan, produk akhir. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa MTs Miftahul Khair Loa Janan yang berjumlah 35 siswa dengan rincian: 10 siswa untuk uji coba kecil , 25 siswa untuk uji coba lapangan besar. Kelayakan produk divalidasi oleh 3 orang ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan bahan ajar bermuatan nilai pendidikan dengan pendekatan saintifik untuk pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMP/MTs yang dikemas dalam bentuk buku ajar dengan materi “fabel”. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan, uji coba kecil, serta uji coba lapangan besar. Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi dengan hasil 83,3 % (sangat layak), sedangkan untuk kelayakan produk berdasarkan validasi ahli media dengan hasil 80,5% (sangat layak) dan ahli pembelajaran dengan hasil 83,3 % (sangat layak), uji coba kecil dengan hasil nilai 85.6 (sangat baik), dan uji coba lapangan besar dengan hasil nilai 84.4 ( sangat baik) (2) Bahan ajar hasil pengembangan untuk siswa kelas VII di MTs Miftahul Khair Loa Janan ini efektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis pretes dan postes, peningkatan skor postes 1 (66.2) dan pos tes 2 ( 81,6) mengalami peningkatan dengan ketuntasan siswa 100%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel Bermuatan Pendidikan Nilai dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Khair Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara |
---|---|
Pengarang | JUBAIDAH - Personal Name |
No. Panggil | TESIS JUB p 2021 |
Subyek | Pendekatan Saintifik Bahan Ajar, Teks Fabel, Pendidikan Nilai, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY