Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Riska Almalia Sari, 2021. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pembimbing I Mustamiroh, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Sukriadi, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar Siswa
Kompetensi kepribadian guru merupakan salah satu kompetensi penting guna mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan. Kompetensi ini sangat dibutuhkan untuk memahami karakteristik siswa agar guru mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, terjadi penurunan pada motivasi belajar siswa di SDN 007 Samarinda Ulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru kelas IV, motivasi belajar siswa kelas IV, dan melihat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 007 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 007 Samarinda Ulu sejumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus uji regresi linear, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru berdasarkan hasil angket sebesar 75% dengan kategori sangat baik. Sedangkan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket sebesar 70% dengan kategori baik. Untuk nilai koefisien korelasi sebesar 0,415 yang berarti antara variabel kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa terdapat pengaruh yang cukup kuat dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,172 (17,2%) yang berarti variabel kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa sebesar 17,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Untuk angka koefisien regresi dihasilkan nilai Sig < 0,05 (0,008 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (2,810 > 2,024) yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa SDN 007 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2020/2021.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2020/2021. |
---|---|
Pengarang | RISKA ALMALIA SARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS p 2021 |
Subyek | Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Kepribadian Guru, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY