Detail Cantuman Kembali
Muhammad Ferdy Agustian - Personal Name

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL – SIX SIGMA PADA WARNET D’CSTRIFE DI KOTA BONTANG

Warnet adalah salah satu media yang dipergunakan untuk memperoleh informasi serta sarana hiburan dengan bermain perminan daring. Permainan daring adalah jenis permainan yang memanfaatkan jaringan internet. Warnet D’Cstrife merupakan salah satu warnet yang menyediakan permainan daring. Sebagai penyedia layanan, warnet D’Cstrife harus mampu menyediakan kualiatas pelayanan yang baik agar konsumen merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang perlu diperbaiki pada pelayanan serta merekomendasikan usulan perbaikan terhadap pelayanan yang perlu diperbaiki pada warnet D’Cstrife dengan menggunakan metode Servqual dan Six Sigma. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Data sekunder diperoleh dengan melakukan observasi lapangan. Data analisis menggunakan bantuan software statistik SPSS Versi23 untuk mendapatkan validitas dan reliabilitas kuesioner, pengukuran gap kualitas pelayanan, serta analisis menggunakan metode six sigma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat atribut di dalam dimensi bukti fisik dan kehandalan yang perlu diperbaiki, yaitu kondisi peralatan, kelengkapan peralatan, kebersihan dan kerapihan ruangan, kondisi meja dan kursi, tata ruang di dalam warnet, tata ruang parkiran, kecepatan internet, penyediaan permainan terbaru, dan penyediaan patch terbaru. Hasil dari six sigma menghasilkan tingkat sigma rata-rata 3,24 dengan kemungkinan kerusakan sebesar 98.000 DPMO dengan target 3,4 DPMO tersebut masih sangat diperlukannya perbaikan. Metode six sigma menghasilkan beberapa usulan perbaikan untuk mencapai target tesebut, yaitu dengan memperbaiki dan mengganti bukti fisik yang telah rusak dan menyediakan peralatan komputer yang kurang, melakukan pembaharuan pada jaringan internet, menambah jumlah modem, selalu melakukan pengecekan terhadap permainan, dan memberikan sebuah pengunguman untuk para konsumen agar memberitahukan apabila terjadi pembaharuan pada permainan. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Six Sigma.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL – SIX SIGMA PADA WARNET D’CSTRIFE DI KOTA BONTANG
Pengarang Muhammad Ferdy Agustian - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH a 2021
Subyek Kualitas Pelayanan, Six Sigma.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ADMINISTRASI BISNIS
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua