ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL – SIX SIGMA PADA WARNET D’CSTRIFE DI KOTA BONTANG
Warnet adalah salah satu media yang dipergunakan untuk memperoleh informasi serta sarana hiburan dengan bermain perminan daring. Permainan daring adalah jenis permainan yang memanfaatkan jaringan internet. Warnet D’Cstrife merupakan salah satu warnet yang menyediakan permainan daring. Sebagai penyedia layanan, warnet D’Cstrife harus mampu menyediakan kualiatas pelayanan yang baik agar konsumen merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang perlu diperbaiki pada pelayanan serta merekomendasikan usulan perbaikan terhadap pelayanan yang perlu diperbaiki pada warnet D’Cstrife dengan menggunakan metode Servqual dan Six Sigma. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Data sekunder diperoleh dengan melakukan observasi lapangan. Data analisis menggunakan bantuan software statistik SPSS Versi23 untuk mendapatkan validitas dan reliabilitas kuesioner, pengukuran gap kualitas pelayanan, serta analisis menggunakan metode six sigma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat atribut di dalam dimensi bukti fisik dan kehandalan yang perlu diperbaiki, yaitu kondisi peralatan, kelengkapan peralatan, kebersihan dan kerapihan ruangan, kondisi meja dan kursi, tata ruang di dalam warnet, tata ruang parkiran, kecepatan internet, penyediaan permainan terbaru, dan penyediaan patch terbaru. Hasil dari six sigma menghasilkan tingkat sigma rata-rata 3,24 dengan kemungkinan kerusakan sebesar 98.000 DPMO dengan target 3,4 DPMO tersebut masih sangat diperlukannya perbaikan. Metode six sigma menghasilkan beberapa usulan perbaikan untuk mencapai target tesebut, yaitu dengan memperbaiki dan mengganti bukti fisik yang telah rusak dan menyediakan peralatan komputer yang kurang, melakukan pembaharuan pada jaringan internet, menambah jumlah modem, selalu melakukan pengecekan terhadap permainan, dan memberikan sebuah pengunguman untuk para konsumen agar memberitahukan apabila terjadi pembaharuan pada permainan. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Six Sigma.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL – SIX SIGMA PADA WARNET D’CSTRIFE DI KOTA BONTANG |
---|---|
Pengarang | Muhammad Ferdy Agustian - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH a 2021 |
Subyek | Kualitas Pelayanan, Six Sigma. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI BISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY