Detail Cantuman Kembali
Faridatul Fatonah - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN SWISH MAX 4 PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2020/2021

Pembelajaran matematika yang kurang memanfaatkan media untuk mendukung proses pembelajaran dapat menyebabkan turunnya semangat siswa dalam belajar, sulit memahami materi serta bersikap pasif karena proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Swish Max 4 pada materi bangun datar segi empat dan mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahap yaitu analysis, design, development dan implementation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 34 Samarinda dengan jumlah 32 siswa. Produk media yang dihasilkan melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian di uji coba melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dengan 7 siswa dan uji coba kelompok besar dengan 25 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang telah divalidasi oleh ahli materi dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4,0 dengan kriteria baik dan validasi oleh ahli media dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4,4 dengan kriteria sangat baik. Dari penilaian oleh ahli materi dan ahli media maka produk media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian uji coba pada kelompok kecil memperoleh skor rata-rata sebesar 4,3 dengan kriteria sangat menarik dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kriteria sangat menarik. Secara keseluruhan perolehan penilaian peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menyatakan sangat menarik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, swish max 4 vii RIWAYA

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN SWISH MAX 4 PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2020/2021
Pengarang Faridatul Fatonah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAR p 2021
Subyek pengembangan, media pembelajaran, swish max 4 vii
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua