Detail Cantuman Kembali
JOKO SANTOSO - Personal Name

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021.

Santoso, Joko. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. J. R. Watulingas, MM dan (II) Drs. H. Asyril, M.Si
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam aspek pendidikan Indonesia mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran secara daring atau jarak jauh.
Penelitian jenis deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 15 Samarinda kelas VIII C dan VIII J. Subjek penelitian yaitu dua orang guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda dan 8 orang siswa kelas VIII. Dengan kriteria setiap 4 orang siswa tersebut dari salah satu guru matematika yang menjadi responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik (a) observasi, (b) wawancara, dan (c) dokumentasi. Analisis data interaktif meliputi (a) pengumpulan data, (b) reduksi data, (c) penyajian data, dan (d) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di SMP Negeri 15 Samarinda selama masa pandemi covid-19 berlangsung secara daring dan terlaksana cukup baik. Guru melaksanakan proses pembelajaran dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan media online berupa aplikasi Google Classroom dan Whatsapp. Pembelajaran daring mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar, fleksibilitas dalam pelaksanaannya, dan siswa dapat belajar secara mandiri. tetapi, pembelajaran daring memiliki kendala pada pelaksanaannya seperti jaringan yang tidak stabil, kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran, siswa merasa jenuh dan bosan, dan tidak semua siswa mengumpulkan tugas yang diberikan guru.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021.
Pengarang JOKO SANTOSO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JOK a 2022
Subyek Analisis, Pembelajaran daring, Covid-19
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua