Detail Cantuman Kembali
LISNA DEWI SANTI - Personal Name

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2014/2015. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan suatu model pembelajaran yang membagi kelas dalam kelompok kemudian memberikan bacaan tentang materi yang akan dipelajari siswa.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 35 orang dan siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 35 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster sampling. Kelas XI IPA 1 menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas XI IPA 2 menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga posttest dan ulangan harian. Pengolahan nilai akhir diambil dari 20% masing-masing nilai posttest dan 40% dari nilai ulangan harian.
Berdasarkan analisis data berupa nilai akhir siswa diperoleh hasil bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 2,38 > 1,84 maka diperoleh -thitung < -ttabel yaitu -2,17 < -1,67 pada taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2014/2015. Pada penelitian ini hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan larutan koloid.
Kata Kunci : model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (circ), hasil belajar, koloid

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015
Pengarang LISNA DEWI SANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua