Detail Cantuman Kembali
Hajrah - Personal Name

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Secara Blended Learning Pada Materi Bentuk Molekul

Hajrah, 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Secara Blended Learning Pada Materi Bentuk Molekul.” Pembimbing (I) Dr. H. Riskan Qadar, M.Si. (II) Dr. Hj. Yuli Hartati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kimia berupa RPP, LKPD, Handout, dan Instrumen penilaian yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development, R & D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi model 4-D dari empat tahap menjadi tiga tahap 3-D meliputi tahapan define, design, dan develop yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Lembar validasi RPP, LKPD, handout, dan instrumen penilaian digunakan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran. Angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran digunakan untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran. Nilai pretest-posttest, uji N-gain, dan effect size digunakan untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 90%, perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dengan persentase sebesar 83%, perangkat pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik berdasarkan hasil perhitungan N-gain sebesar 0,6 artinya peningkatan hasil belajar peserta didik termasuk kategori sedang dan hasil perhitungan effect size sebesar 2,01 termasuk dalam kategori tingkat efektivitas sangat tinggi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Secara Blended Learning Pada Materi Bentuk Molekul
Pengarang Hajrah - Personal Name
No. Panggil TESIS HAJ p 2022
Subyek Pengembangan, Perangkat Pembelajaran,
Project Based Learning (PjBL),
Blended Learning, Bentuk Molekul.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua