PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SAMARINDATAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Lintang Purwaningrum Mei Rahma. Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Scramble dan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Samarinda Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dibawah bimbingan Ibu Masitah, S.pd, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Sri Purwati, S.Pd, M.Si selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran scramble dan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Samarinda tahun
pembelajaran 2014/2015. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan kelas VII A sebagai kelompok kontrol serta kelas VII B dan VII C sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah masing-masing siswa 30 orang. Data tes hasil belajar diuji dengan menggunakan program SPSS 21.0. Uji Shapiro-Wilk untuk mengetahui normalitas data, uji Levene’s untuk homogenitas data, dan Uji anova untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai hasil belajar dengan taraf signifikan (α = 0,05). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS 21.0, untuk uji normalitas data dengan uji Shapiro-Wilk diperoleh nilai probabilitas kelompok kontrol 0,723, nilai probabilitas kelompok eksperimen word square 0,331 dan nilai
probabilitas kelompok eksperimen 0,341. Jika dibandingkan dengan nilai taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh probabilitas > α = 0,05. Artinya ketiga kelompok sampel berdistribusi normal. Dalam uji Levene’s diperoleh nilai signifikan = 0,992 dengan nilai taraf signifikan α = 0,05, karena nilai signifiakan > α maka kesimpulanya adalah data nilai hasil belajar siswa homogen atau H0 diterima. Rata-rata nilai hasil belajar dari masing-masing perlakuan adalah 68,00 untuk kelas kontrol, 70,73 untuk kelompok eksperimen Word Square, dan 77,37 untuk kelompok eksperimen Scramble. Hasil analisis uji Anova diperoleh probabilitas = 0,035 dengan α = 0,05 jadi nilai probabilitas < α = 0,05 yang artinya H0 ditolak, maka terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran scramble dan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Samarinda tahun pembelajaran 2014/2015.
Kata kunci : model pembelajaran scramble , model pembelajaran word square,
hasil belajar kognitif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 SAMARINDATAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | LINTANG PURWANINGRUM MEI RAHMA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY